Beranda | Artikel
Mengenal Imam Ibnu Katsir
Selasa, 6 Juni 2017

Beliau adalah seorang imam (ulama besar), al-Hafizh, al-Muhaddits, ahli sejarah Islam, ‘Imadud Din Abul Fida’ Isma’il bin Umar bin Katsir al-Qurasyi ad-Dimasyqi asy-Syafi’i.

Beliau dilahirkan di kota Mijdal sekitar tahun 700 H. Beliau tumbuh di rumah yang penuh dengan nuansa ilmu dan agama. Bapaknya yaitu Umar bin Hafsh bin Katsir mengambil ilmu dari an-Nawawi dan al-Fazari, dan beliau -bapaknya itu- adalah khatib di kotanya. Bapaknya telah meninggal ketika Ibnu Katsir masih berusia kurang lebih tiga tahun. Setelah itu keluarganya berpindah ke Damaskus pada tahun 707 H. Beliau pun diasuh dan diajari ilmu oleh saudaranya sendiri yang bernama Abdul Wahhab semenjak meninggalnya sang bapak.

Diantara guru Ibnu Katsir adalah :

– Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
– al-Hafizh Abul Hajjaj al-Mizzi
– al-Hafizh Abu Abdillah adz-Dzahabi
– Syaikh Abu Ishaq al-Fazari

Adapun diantara murid-muridnya adalah :

– Muhammad bin Isma’il bin Katsir -anaknya sendiri-
– Imam Ibnu Abil ‘Izz al-Hanafi -penulis syarah Aqidah Thahawiyah-

Diantara karya Ibnu Katsir adalah :

– Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim
– Ahadits al-Ushul
– Ikhtishar ‘Ulum al-Hadits
– al-Bidayah wa an-Nihayah
– Manaqib Ibnu Taimiyah

Beliau wafat pada hari Kamis 26 Sya’ban 774 H di Damaskus lalu dimakamkan di pemakaman Sufiyah di sisi makam gurunya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

Sumber : Diringkas dari mukadimah tahqiq Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, hal. 13-17 oleh Syaikh Sami bin Muhammad as-Salamah penerbit Dar Thaibah cet. ke-2 1420 H.

Tambahan Keterangan :

Salah satu guru dari Imam Ibnu Katsir yang tidak disebutkan di atas adalah Imam Ibnul Qayyim. Syaikh Salim al-Hilali menyebutkan bahwa diantara murid-murid Ibnul Qayyim adalah :

– Ibnu Rajab al-Hanbali
– Ibnu Katsir
– adz-Dzahabi
– Ibnu Abdil Hadi
– al-Fairuz Abadi


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/mengenal-imam-ibnu-katsir/